Amankah Konsumsi Vitamin C

Amankah Konsumsi Vitamin C 1.000 Miligram Setiap Hari?

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli suplemen vitamin C sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh. Karena kita semua tau, salah satu cara mencegah penularan covid-19 adalah dengan selalu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita.

Banyak orang yang menggunakan suplemen vitamin C setiap hari dengan harapan akan mendapatkan imunitas tubuh yang baik. padahal, suplemen vitamin C memiliki dosis yang tinggi yakni 1.000 miligram. Lalu, amankan mengkonsumsi vitamin C 1.000 miligram setiap hari?

Efek Samping Mengkonsumsi Vitamin C Setiap Hari

Untuk mendapatkan imunitas tubuh yang baik ternyata bukan hanya dengan mengkonsumsi vitamin C, tetapi Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Usahakan pada seporsi makanan yang akan disantap terdiri dari makanan pokok, sayur, buah serta lauk-pauknya. Jadi kebutuhan akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral dapat terpenuhi dengan baik.

Jika semua komposisi makanan sudah tercukupi, tidak perlu lagi tambahan suplemen. Tapi jika Anda merasa bahwa konsumsi gizi yang seimbang belum bisa terpenuhi dengan baik, Anda perlu konsumsi suplemen vitamin C. Pada prinsipnya, suplemen vitamin C tidak harus dikonsumsi apalagi jika dengan dosis tinggi dan setiap hari.

Kebutuhan vitamin C untuk wanita dewasa adalah 90 miligram dan untuk pria dewasa 150 miligram. Atau setidaknya, untuk pria yang merokok, kebutuhan vitamin C harus lebih banyak hingga 200 miligram. Kebutuhan anak usia diatas satu tahun membutuhkan vitamin C sebanyak 45 miligram setiap hari, remaja hanya butuh sebanyak 65 sampai dengan 90 miligram setiap hari.

Jadi, apabila minum vitamin C dengan dosis mencapai 1.000 miligram, itu artinya Anda telah meminum 10 kali lipat dibandingkan dengan angka kecukupan gizi yang harus dipenuhi. Tentunya, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik untuk tubuh. Karena itu, sebelum mengonsumsi sesuatu, ada baiknya pikirkan apakah mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. jangan sampai nanti niat awal mengkonsumsi vitamin C untuk kesehatan malah mendatangkan efek lain yang berbahaya untuk tubuh.

Penting juga untuk diketahui, mengonsumsi vitamin c setiap hari dengan dosis yang tinggi tentu akan memberikan banyak efek samping. Beberapa diantaranya adalah Anda akan mengalami yang namanya mual muntah, diare, nyeri pada ulu hati, insomnia dan juga sakit kepala. Jadi disarankan untuk konsumsi vitamin C dengan dosis sampai dengan 200 miligram saja setiap harinya. Anda bisa memenuhi kebutuhan lainnya dengan melalui sayuran dan juga buah.

Salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C adalah jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C mencapai 126 miligram di setiap buahnya. Selain itu, ada juga buah jeruk dengan kandungan vitamin C sebanyak 69 miligram dan tomat 28 miligram.

Anda yang suka dengan mangga, bisa mengkonsumsinya dalam satu cup dengan kandungan vitamin C sebanyak 45 miligram, pepaya 88 miligram dan untuk buah kiwi kandungan vitamin C nya adalah 166 miligram.

Jadi jika Anda mengonsumsi vitamin C melebihi dosis yang dianjurkan sudah pasti akan ada efek samping yang dirasakan nanti. Anda bisa mengganti kebutuhan vitamin C dengan dosis yang tepat dan menggantinya dengan mengonsumsi buah atau sayur. Ada banyak buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan akan vitamin C di tiap harinya. Jadi silahkan pilih buah dan sayur mana yang disukai untuk mengganti konsumsi vitamin C 1.000 miligram yang biasa Anda lakukan.