Ciri Ciri Anak ABK |Anak Berkebutuhan Khusus | Anak Autis

Ciri Ciri Anak ABK |Anak Berkebutuhan Khusus | Anak Autisme

terapis anak berkebutuhan khusus, cara mendidik anak berkebutuhan khusus,

Anak Berkebutuhan Khusus

Setiap orang tua pasti memiliki harapan dan impian bahwa anaknya terlahir dengan fisik dan mental yang normal, bahkan memiliki bakat yang melebihi anak lainnya. Untuk Orang Tua dan pendidik perlu informasi yang memadai bagaimana mengenal ciri ciri anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak autis serta cara menanganinya sedini mungkin dengan tepat.

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan kadang-kadang telah dapat dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Deteksi dan terapi sedini mungkin akan menjadikan si penderita lebih dapat menyesuaikan dirinya dengan yang normal. ( Sumber Dari Wikipedia )

Anak Berkebutuhan Khusus | Anak Autisme memiliki makna keadaan yang menyebabkan anak anak hanya memiliki perhatian terhadap dunianya sendiri. Autisme adalah kategori ketidakmampuan yang ditandai dengan adanya gangguan dalam komunikasi, interaksi sosial, gangguan indra, pola bermain dan perilaku emosi.

 penanganan anak berkebutuhan khusus, sekolah khusus paud inklusi, klasifikasi anak berkebutuhan khusus

Ciri ciri anak abk

Ciri ciri anak berkebutuhan khusus | abk | anak autisme mulai terlihat sebelum anak usia 3 tahun, keadaan ini akan dialami seumur hidup anak-anak tersebut. Kekeliruan bagi pengasuhnya karena terlihat anak berkebutuhan khusus | anak autisme kelihatannya normal tetapi dalam tingkah laku dan pola perkembangan berbeda. Pemahaman dan Respon yang salah dalam mengasuh anak abk ini menyebabkan perkembangan yang serius dalam semua bidang, terutama dalam bidang sosial dan komununikasi.

Dalam Otak Anak Berkebutuhan Khusus | Anak Autis beberapa koneksi tidak berkembang seimbang secara normal atau tidak terorganisir seperti seharusnya. Oleh Seorang Dokter Irfan menemukan solusi untuk penyembuhan anaknya yang autis dengan Brainking Plus, Klik disini

Inilah 3 Jenis dan Ciri dari Anak Berkebutuhan Khusus | Auisme

  1. Autis diusia Anak anak
    Terjadi pada usia anak sekitar 3 tahun. Gejala : Terlambat bicara, mengunakan bahasa yang tidak biasanya digunakan oleh orang normal, tidak bisa berkomunikasi verbal dengan cara yang baik serta lain sebagainya. Ciri lainnya : Interaksi Sosial, Tidak eksresif, Tidak menatap mata saat berbicara dengan lawan bicaranya, dan tidak bisa terlibat secara emosional dengan teman seumurnya, tidak spontan, tidak empati. Selain itu dari segi prilaku mereka lebih suka menyendiri, mempunyai rutinitas yang aneh dan juga terjadwal serta berlebihan, mereka akan melakukan gerakan gerakan yang aneh dan berulang ulang, menyukai benda tertentu, dan banyak lagi.
  2. Gangguan dalam perkembangan persasiv YTT (PDD-NOS)
    Memiliki ciri anak berkebutuhan khusus | autis dimasa kanak-kanak, terutama adalah gangguan yang terjadi dibidang komunikasi, cara berinteraksi dan juga perilaku. Lebih ringan masih dapat menatap mata lawan bicaranya, wajahnya lebih ekspresif, dan juga bisa diajak bercanda.
  3. Sindrome Rett
    Dari saat lahir anak normal hingga pertumbuhan usia 6 bln. Anak mulai menampakkan ciri anak autis dan terjadinya kemunduran pada perkembangan Anak. Biasanya terjadi pada anak perempuan, Anak tidak bisa berbahasa dengan baik dan menjadi tidak ekspresif. Cenderung menarik diri dari sosial sekitarnya.

Ciri Ciri Anak Berkebutuhan Khusus berdasarkan Usianya.

  1. Usia 0-6 bln : Terlalu tenang dan jarang menagis, terlalu sensitif, gerakan tangan dan kaki yang terlalu berlebihan terutama saat mandi. Tidak pernah terjadi kontak mata atau senyum yang secara sosial dan jika digendong atau ditimang mengepal tangan atau menegangkan kaki secara berlebihan.
  2. Usia 6 – 12 bln : Jika digendong kaku atau tegang dan tidak berinteraksi atau tidak tertarik pada mainan, tidak beraksi terhadap suara atau kata. Dan selalu memandang suatu benda atau tangannya sendiri secara lama. Itu akibat terlambatnya perkembangan saraf motorik pada otak yang mungkin terlalu halus atau kasar.
  3. Usia 2 – 3 thn : Tidak berminat bersosialisasi terhadap anak anak seusianya dan kontak mata tidak nyambung dan tidak pernah fokus, juga kaku terhadap orang lain dan masih senang digendong dan malas mengerakan tubuhnya. Biasanya sebelum umur 3 tahun tampak adanya keterlambatan atau gangguan dalam bidang : Interaksi Sosial, bicara dan bahasa, cara bermain yang yang monoton, kurang variatif.
  4. Usia 4 – 5 thn : Sukanya anak ini berteriak dan suka membeo atau menirukan suara orang dan mengeluarkan suara suara aneh. Dan gampang marah atau emosi apabila keinginan dan kemauannya terganggu dan tidak dituruti, lebih agresif dan suka menyakiti diri sendiri.

Cara mendidik anak berkebutuhan khusus

Keterbelakangan mental dan pola pikir karena adanya kelainan pada otak sehingga mental dan pemikiran akan terganggu. IQ atau tingkat penalaran anak autis sangat rendah sehingga anak autis tidak bisa bersekolah di tempat umum, biasanya sekolah khusus sekolah luar biasa dengan kurikulum anak berkebutuhan khusus mengunakan metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus serta permainan untuk anak autis sesuai dengan tingkat nalarnya agar memiliki perkembangan otak yang lebih baik. Anak Berkebutuhan Khusus cenderung diam karena tidak bisa mengeluarkan emosi seperti anak lainnya.

Anak pengidap berkebutuhan khusus | anak autis dapat dilihat melalui bibir dan mata:

  1. Bibir pada anak autis memiliki bagian bibir yang lebar dan philtrum, daerah hidung dan bibir sedikit lebar.
  2. Daerah hidung dan pipi memiliki jarak yang hampir berdekatan pada bagian tenggah wajah. Ciri Autis sejak dini umumnya anak yang mengalami autisme pada bagian tengah wajah yang sangat sempit.
  3. Bagian Mata terlihat tampak jarak yang lebih besar dari keadaan orang normal

Penyebab Anak Autis:

Pengaruh obat obatan dari Ibu yang selama mengandung anak sering mengkomsumsinya, vaksin ( tidak melakukan vaksin sesuai anjuran dokter pada saat anak anak umur dalam hitungan bulan pun dapat menyebabkan autis, karena untuk melindungi tubuh anak bayi yang daya tahan tubuh nya masih sangat lemah), virus, bakteri, makanan yang mengandung racun peptisida, prematur | lahir sebelum waktunya dan faktor genetik.Jika faktor keturunan akan sulit disembuhkan.

Terapis anak berkebutuhan khusus

Untuk Anak yang berkebutuhan Khusus | Anak Autis yang bukan karena faktor keturunan segera di terapis anak berkebutuhan khusus atau di obati dengan waktu yang cepat agar tidak semakin parah. Dalam mengatasi penyakit apapun harus dilakukan dengan bersungguh sungguh.

Cara Menolong Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus bisa dibantu dengan memberikan perhatian serta kesabaran yang ekstra tinggi dari rumah agar bisa memahami suatu hal dengan baik, peran dari seluruh anggota keluarga sangat dibutuhkan. Anak Autis sebaiknya tidak dijauhkan, dan diberikan perhatian yang khusus agar bisa membantu anak autis tumbuh dengan baik.

Solusi Tepat Untuk Terapis Anak Berkebutuhan Khusus | Anak Autis dengan BRAINKING PLUS. Berawal dari seorang Anak dr Irfan menemukan Solusinya dan memberikan hasil temuannya kepada Anaknya sendiri yang berkebutuhan khusus | anak Autis, Ini dia Kisahnya Klik Web: www.carasehatalami.com

Penyembuhan Untuk Anak berkebutuhan Khusus | Autis

  • Untuk membantu perkembangan otak anak lebih baik lagi dilakukan dengan cara pengobatan di rumah sakit maupun di rumah dengan obat tradisional cara sehat alami. Karena anak autis bisa memiliki kecerdasan di bawah rata rata dari anak normal walaupun ada juga anak autis yang cerdas, dan penyembuhan dilakukan untuk membantu anak meningkatkan kecerdasan otak.
  • Untuk mengatasi masalah komunikasinya yang kurang baik, maka pada penyembuhan anak autis akan dilakukan untuk mendorong anak berkomunikasi dengan baik serta menghasilkan karya.
  • Untuk meningkatkan minatnya anak bisa dilakukan dengan baik,karena anak autis juga bisa memiliki prestasi ataupun karya jika kemampuan anak autis di latih dengan baik pada saat pengobatan.

Semoga bermanfaat..

 

Pencarian dari google: