Berolahraga Itu Penting

  • 1

Berolahraga itu penting maka kita perlu tau cara memotivasi diri kita agar mau berolahraga. Tidak sedikit orang yang gagal dalam melawan rasa ini, yang notabene adalah perasaan yang kita adakan sendiri. Toh, tidak ada satu orang pun yang bisa membuat kita malas, kecuali diri kita sendiri yang mengiyakannya.

Seribu satu alasan keluar dari mulut ketika dihadapkan dengan aktivitas ‘olahraga’! “Wah saya enggak punya waktu”, “sibuk banget”, “gak mampu bayar membership gym”, “bosan lari di treadmill”, dan berbagai kalimat lainnya untuk menghindar berolahraga. Akhirnya, pilihan jatuh dengan bermalas-malasan di sofa.

“Setiap oang punya alasan untuk mengatakan tidak untuk berolahraga, Trus, bagaimana cara menghilangkan rasa malas, berikut adalah tips yang saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi;

  1. Biasakan jadi orang yang aktif. Rasa malas mau tidak mau muncul dengan sendirinya karena memang kita tidak punya kesibukan. ‘Kan malah enak kalau tidak ada kesibukan?’ Begitu kira-kira yang langsung muncul dalam pikiran kita. Tapi, apakah enak menonton dan tidur saja minimal selama satu hari saja tanpa ada kepastian esoknya akan ada kesibukan. Sekiranya mirip pengangguran bagitu? Pasti tidak kan? Kita pun pasti butuh bergerak, butuh sesuatu yang menyibukkan otak kita agar hati kita kita senang.
  2. Buat target. Jika kita mempunyai mimpi yang jelas yang akan kita raih, maka naluri kita akan merasa tidak tenang jika kita tidak melakukan sesuatu untuk membangun mimpi kita itu. Bilapun sudah ada, tapi tetap masih merasa malas, itu berarti target kita belum benar-benar merasuk dalam jiwa kita. Pertanyakan motivasi kita kembali.
  3. Pola hidup teratur. Teratur bukan berarti membosankan, malah lebih membosankan lagi kalau hidup kita tidak teratur. Bila kita sempatkan tiap pagi hari berolahraga ringan, makan di saat lapar dan tidak membuat sangat kenyang, dan tidur yang cukup, maka konsentrasi akan datang dengan sendirinya. Tentunya pikiran kita juga harus diarahkan untuk selalu memotivasi diri sendiri, dan itu akan gampang bila raga kita memang sudah diset untuk prima dengan pola hidup teratur.

Masih banyak tips atau cara menghilangkan rasa malas di berbagai sumber. Tapi bila poin di atas belum terpenuhi, saya yakin percuma saja membaca banyak sumber, minum suplemen, atau apa pun bentuknya. Toh, banyak orang hidup di desa tidak pernah baca artikel, tidak pernah minum suplemen, tidak pernah olahraga berat, tapi mereka bisa tetap semangat dan tidak malas. Betul tidak?

Join The Discussion

Compare listings

Compare